Friday, December 11, 2009

Cara Berternak dan Proses Menangkap dan Menjual Tokek

  1. Peralatan yang digunakan menangkap tokek sangat mudah, hanya sebatang tongkat dan sebatang rokok. Caranya, rokok diikatkan di salah satu ujung tongkat lalu diberi makan ke tokek. Untuk menarik perhatian tokek, goyangkan rokok tersebut di depan matanya. Saat memakannya, tokek akan langsung mabuk dan siap ditangkap. Kini tokek itu siap dijual.
  2. Penangkapan : saat menangkap atau memegang tokek sebaiknya menggunakan sarung tangan / kain.
  3. Kandang : buatlah kandang yang agak gelap dan redup, jangan terlalu panas. Di dalam kandang sebaiknya tempatkan bamboo yang lebih besar dari tokek, kegunaan bamboo tersebut sebagai tempat sembunyi dan bambu tersebut bisa dipakai. Saat tokek mau dibawa keluar / dijual karena bamboo udaranya lebih stabil, saat membawa keluar, tutup lubang dan sisakan sedikit lubang kecil tempat udara dan tempat memasukkan makanan dan minuman tokek saat bepergian. Jangan membuat kandang / menempatkan tokek dalam satu wadah misalnya tokek jantan, tetapi masih diperbolehkan bila sama besar karena tokek bersifat Kanibal.
  4. Makanan tokek : jangkrik, udang kering, ulat, cacing, dan bayi tikus. Minuman tokek harus tersedia 2 – 3x seminggu, tokek juga bisa diberikan susu untuk pembesaran.


Tokek yang berada di alam masih bersifat agak liar sehingga jangan langsung tangkap dengan tangan karena bisa mencelakakan diri sendiri. Bisa juga cara menangkap tokek dengan menggunakan kain sehingga tokek mengigit kain tersebut. Setelah tokek mengigit kain tersebut baru dipegang, karena tokek akan menggigit dengan kuat kain tersebut.
Tokek merupakan hewan yang gampang sekali menyusut karena bagian perut tokek yang sebenarnya berisi angina / oksigen yang gampang sekali menyusut. Oleh karena itu, badan tokek tidak bisa sebagai perbandingan berat tokek melainkan hanya bagian kepala den ekor yang bisa menggambarkan secara kasat mata berapa berat tokek tersebut. Penyebab paling sering menyusutnya tokek adalah : kondisi tokek yang stress, kondisi lingkungan yang terlalu berisik, kondisi yang terlalu terang dan tokek sering dipegang serta ditimbang. Solusi / penanganan : supaya tokek menyusut / penyusutan tidak terlalu ekstrem pada saat dibawa maka dapat dilakukan beberapa treatment / perlakuan seperti :
lihat disini

About the Author

Yudhiztiro

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

 
Techno Autis © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com