Friday, December 11, 2009

TOKEK ( Gecko ) dan perdagangannya yang beromzet Miliaran Rupiah

Mungkin tak banyak yang mengira bahwa tokek ternyata bernilai jual tinggi. Bahkan, hewan yang se-Famili dengan cicak dan bernama Latin Gecko itu telah menjadi komoditas ekspor yang sangat menjanjikan karena omzetnya bisa mencapai miliaran rupiah.


Memang tokek yang dijual dengan nilai yang begitu tinggi bukan sembarang tokek. Tokek dibagi menjadi tiga jenis : Tokek Hutan, Tokek Batu, Tokek Rumah. Masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda. Namun, diantara tiga jenis tokek itu, tokek rumah paling mahal. Berat tokek per ekor yang bernilai tinggi harus lebih dari 3 – 3,5 ons. Untuk tokek dengan berat 2 – 2,9 ons mungkin hanya laku 2,5 – 10 juta per ekor. Untuk tokek dibawah 2 ons, hanya laku dijual Rp 2.000,00 - Rp 3000,00. Untuk tokek rumah seberat 5 – 5,9 ons, harganya bisa mencapai Rp 250 juta per ons, sehingga per ekor bisa laku sampi Rp 1 miliar. Bahkan tokek dengan berat lebih dari 5,9 ons dihargai Rp 500 juta per ons. Wow !!! Jumlah yang sangat fantastis untuk hewan yang masih se-Famili dengan cicak ini.
Untuk jenis tokek lain (Tokek Hutan dan Tokek Batu), harganya memang tak setinggi tokek rumah. Tokek batu misalnya, harganya hanya Rp 5 juta per kg dan harga tokek campuran (perkawinan tokek rumah dan jenis tokek lain) Cuma seperempat harga tokek rumah. Karena tokek batu beratnya bisa mencapai lebih dari 1 kg. Ciri – ciri tokek batu yaitu badan mirip biawak, tidak berbintik-bintik, badan licin dan biasanya sampai berat sekali, ada yang sampai sekitar 5 kg. sedangkan tokek yang pada umumnya dibeli adalah berbintik-bintik (misalnya abu-abu, merah, putih), pada umumnya beratnya tidak sampai 1 kg.
selengkapnya baca disini

About the Author

Yudhiztiro

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

 
Techno Autis © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com